Please wait...
HomeForumInternationalIndonesianAdvanced Ad Campaign dan Lead Collecting
Topic Rating:

Jump to
ySense Customer Care CornerySense Knowledge CenterMembers LoungeYour StatsSuccess StoriesPayment ProofsMember IntroductionGeneral TalkForo en EspañolCharla GeneralSoporte General y PagosInternationalPortugueseItalianFrenchGermanHindiUrduFilipinoIndonesianArabicRomanianTurkishRussianBulgarianHungarianPolishEx-Yugoslavia
Advanced Ad Campaign dan Lead Collecting

Locked

#1 by bondanrastika » Mon Jan 21, 2013 04:15

Halo semua, untuk kamu yang sudah pernah baca thread saya tentang Teknik Ad Campaign dan Me-maintain Referral Aktif, kali ini saya mau share cara lanjutannya yang lebih advanced lagi, yaitu dengan membuat Landing Page dan melakukan Lead Collecting. Apa itu Landing Page, kenapa kamu harus melakukan Lead Collecting, lalu cara bikin Landing Page yang bener, dan caranya Lead Collecting, untuk kemudian diproses menggunakan sistem Mail Autoresponder. Konsepnya ngga susah-susah amat kok, tenang aja. :)

Apa Itu Landing Page?

Buat kamu yang udah sering ngeklik iklan di clixsense, pasti sering sekali ketemu yang namanya Landing Page. Itu lho, page yang isinya nawarin sesuatu dan ada form untuk masukin nama dan alamat e-mail, tahu lah ya. Kayak gini nih :



Gunanya Landing page ini adalah untuk mengumpulkan leads. Leads adalah daftar orang-orang yang tertarik sama iklan kamu. (nanti saya jelasin di bagian berikutnya.)

Salah satu kunci sukses dalam bisnis adalah jangan sampai kehilangan potential customer. Itulah kenapa kalo kamu nawar di toko, terus kamu sok-sok pergi dan ngga jadi beli, biasanya dipanggil lagi sama si mas/mbak yang jaga toko. :lol: Dalam bisnis PTC, potential customer berarti orang yang berpotensi untuk sign up jadi referral kamu, kita sebut saja prospek. Kalo kamu melakukan Ad Campaign dengan cara biasa, kamu hanya memasang referral link di iklannya. Atau disebut juga direct linking. Saat prospek kamu menutup browsernya, kamu akan kehilangan kesempatan untuk meng-contact dia kembali, selamanya. (kecuali ya dia liat iklan kamu lagi)

Kamu bisa mulai bikin Landing Page pake blog gratisan, atau kalo ngerti bikin website ya bikin aja website sendiri. Kalo ngga ngerti web design, ada 1 service yang saya recommend, namanya unbounce, google aja. Kamu bisa daftar gratis, ada 30 day trial period untuk starter pack (harga normalnya $49/bulan), kalo trialnya abis tetep bisa pake servicenya, tapi trafficnya cuma 200 unique clicks dan ada brandingnya. Anyways, yang bikin gampang adalah, mereka punya template yang keren-keren, kamu tinggal ikutin aja petunjuknya, udah ada semua di sana, kalo saya jelasin disini ntar kepanjangan. Unbounce ini juga udah terintegrasi dengan banyak sekali sistem Mail Autoresponder.

Kenapa Saya Harus Melakukan Lead Collecting?

Jawabannya jelas, emang kamu mau kehilangan prospek? Nggak kan? Dengan punya Landing Page, kamu akan dapet conversion rate yang lebih tinggi. Dengan kata lain, orang yang sign up jadi referral kamu akan lebih banyak. Karena kamu jadi punya kesempatan lebih dari 1 kali untuk bisa meng-closing prospek kamu. Bahasa kerennya "seal the deal". *haseek* :)

Oke, jadi jelas ya, Landing Page itu gunanya buat mancing dulu, terus kalo udah kepancing, prospek kamu akan masukin nama dan alamat e-mail, supaya kamu bisa kumpulin dan kamu contact lagi agar akhirnya bisa closing. Kesimpulannya kita sekarang punya strategi jangka panjang yang bentuknya kurang lebih seperti ini :



3 Elemen Penting Dalam Membuat Landing Page

1.Headline
Sebuah headline yang bagus biasanya mengandung pain point. Inget ngga, di thread Teknik Ad Campaign saya pernah bilang bahwa target market kamu harus sesuai sasaran. Ini penting supaya kamu bisa bikin headline yang bagus dan "kena" di prospek kamu.

Quote:Bayangkan secara detail, siapa saja yang kira-kira bisa anda prospek, masalah apa yang sedang mereka hadapi, dan bagaimana anda bisa membantu menyelesaikan masalah mereka. Kalau kita beriklan di situs PTC, sudah pasti isinya orang-orang yang tertarik dengan yang namanya making money online.

Kamu juga bisa google "12 step sales letter", yang nulis David Frey. Disitu ada panduan nulis headline yang bener kayak gimana, bagus banget buat dibaca.

2.Body Copy
Body copy maksudnya adalah penjelasan singkat tentang apa yang akan prospek kamu dapatkan bila dia mengisi alamat e-mail nya di form yang udah kamu sediakan. Kamu bisa tawarin free newsletter, atau paling gampang e-book deh. Kasih aja e-book gratisan yang kamu download di internet. Yang bagus ya, jangan yang jelek. Pastikan kamu juga udah baca e-book nya. Supaya kamu tahu isinya dan nawarinnya ngga ngasal. Juga kan kamu jadi bisa nulis ringkasannya di body copy, karena kamu udah tahu manfaat dari e-book itu. Kalo kamu ngga jago-jago amat nulis, ngga usah panik. Minta saran sama temen kamu aja, yang kira-kira jago nulis iklan yang menarik.

3.Call To Action
Call to action ya artinya panggilan untuk prospek supaya dia take action. Oke, dia menyadari pain point yang kamu tuliskan disitu, terus dia liat kamu bisa kasih solusinya. Dia tertarik nih, dan mau download e-book kamu. Kalo ngga ada elemen ini, prospek kamu akan bingung gimana downloadnya. Makanya call to action ini penting, dan ngga boleh terlalu ribet, harus segampang mungkin. Saya sendiri biasanya cuma minta nama sama alamat e-mail doang. Kalo kebanyakan minta data juga biasanya orang ngga mau ngasih.

Masih bingung? Ya udah, demi kalian saya bikinin contoh deh. Saya barusan bikin sebuah landing page di unbounce. Nih. Cepet kok, ngga nyampe 15 menit udah jadi.



Kalo kamu liat disitu, itu ada gambar orang pake laptop, dia lagi pusing, terus headlinenya saya tulis gede-gede, pake warna kuning. Pokoknya bagian atas itu pain point semua deh. Karena bayangannya orang yang ngeklik iklan untuk nyari duit di bisnis online ya begitu itu. :lol: Lalu di bawahnya ada solusi, warna hijau dengan gambar dolar yang menggiurkan. Paling ngga dia stay di page itu antara 5 sampe 10 detik deh setelah dia baca.

Kemudian body copy, lalu ada testimonial, ya supaya orang lebih percaya aja, dan yang terakhir call to action. Saya cuma minta nama sama alamat e-mail aja, nggak ribet. Perhatikan disitu saya bikin tombolnya warna oranye. Ini penting. Bagian call to action harus kontras dengan yang lain, supaya gampang diliat. Gitu aja sih.

Dengan modal begini kamu udah punya Landing Page yang cukup oke, dan udah bisa mulai Lead Collecting.

Lead Collecting dan Mail Autoresponder

Kalau Landing Page kamu sudah up and running, sekarang saatnya melakukan Ad Campaign dengan cara mendatangkan traffic ke Landing Page kamu yang baru. Setiap kali orang memasukkan nama dan e-mail ke form yang ada di situ, datanya akan tercatat di list autoresponder yang kamu punya. Kalo di unbounce tadi kamu bisa integrasikan ke MailChimp atau AWeber, atau basically apa aja juga bisa.

Setelah kamu punya list yang cukup banyak, kamu bisa mulai tulis e-mail tentang APA SAJA ke prospek kamu. Bisa kamu ajakin join di PTC ini, atau PTC sebelah, atau apa aja. Kemungkinannya ngga terbatas. Dan hebatnya sistem autoresponder ini adalah, kamu ngga perlu tulis e-mail tiap hari. Cukup tulis follow up e-mail sekali, lalu simpen di database autorespondernya, nanti dia akan ngirim e-mailnya itu ke semua prospek kamu, sesuai jadwal yang bisa kamu tentukan sendiri. Jaraknya bisa 1 hari, 2 hari, terserah kamu. Praktis kan? ;)

Satu hal lagi yg penting banget dalam menulis e-mail autoresponder, usahakan jangan hanya nulis kayak gini :

Quote:Eh, ini ada PTC baru nih, keren. Join ya, jadi referral gue. Oke, thanks bye. :thumbup:

Ya sampe lebaran monyet juga gak bakalan ada yang join kalo gitu caranya. :? Kreatif dikit gitu lho, tulis cerita apa gitu kek biar enak juga bacanya. Tapi jangan lupa kasih referral link kamu disitu. Kalo memang dia tertarik sama PTC atau bisnis online, dia pasti baca, dan dia ngga akan nganggep itu sebagai spam. Karena kan dia sendiri tadi yang daftar di form yang ada di Landing Page kamu. Paling-paling kalo dia bosen sama e-mail kamu, dia unsubscribe doang, gak papa. Yang penting adalah kesempatan kamu untuk bisa meng-convert dia supaya sign up jadi referral kamu ngga cuma sekali. Udah ya, udah kepanjangan, capek juga ngetiknya, hahaha..

Demikian yang bisa saya share, semoga berguna.

Salam sukses! :thumbup:

P.S. Kalo mau quote, tolong quote info yang penting aja ya, jangan semuanya di-quote, nanti threadnya jadi kepanjangan dan kurang rapih. Thanks. ;)
Last edited by bondanrastika » Wed Jan 23, 2013 20:55 » edited 12 times in total
bondanrastika
Posts228
Member Since3 Oct 2012
Last Visit17 Mar 2013
Likes Given56
Likes Received376/149

#2 by Bembie » Mon Jan 21, 2013 05:19

Biasanya mereka join kalo ada iming2 nya ndan.. khusus nya buat Indonesia member hehe.. tambahan dr ane..

Contoh : Get up to $1 MIllion bla..bla..bla.. di pain point tuh biasanya nongol..
Bembie
Posts469
Member Since24 Sep 2012
Last Visit18 Oct 2015
Likes Given1,079
Likes Received584/233

#3 by bondanrastika » Mon Jan 21, 2013 05:23

Bembie wrote: Biasanya mereka join kalo ada iming2 nya ndan.. khusus nya buat Indonesia member hehe.. tambahan dr ane..

Contoh : Get up to $1 MIllion bla..bla..bla.. di pain point tuh biasanya nongol..

bener banget. tapi musti liat2 juga kalo oversell gini kadang2 orang suka ngga terlalu percaya. kalo nembak di traffic PTC (Paid To Click) sih gpp, masih murah. yg apes itu kalo nembak di traffic CPC (Cost Per Click), udah diklik, kalo isinya ngga menarik atau oversell, ya prospeknya kabur juga, tetep.. :lol:

makanya supaya tau headline kayak gimana yang bisa dapet conversion rate tinggi, harus rajin2 split testing dan update. *hayo loh apa lagi itu split testing* :lol: sabar, ntar di thread berikutnya gue jelasin.. 8-)
bondanrastika
Posts228
Member Since3 Oct 2012
Last Visit17 Mar 2013
Likes Given56
Likes Received376/149

#4 by nomorads » Tue Jan 22, 2013 15:12

wah salut deh sama agan bondan ini...bagi-bagi ilmunya ga tanggung-tanggung :thumbup: :thumbup: :thumbup:

tinggal yang udah pada baca nih, mau ga ngelakuinnya hahaha :lol: :lol: :lol:
nomorads
Posts49
Member Since19 Oct 2011
Last Visit10 Jan 2020
Likes Given22
Likes Received54/22

#5 by baharsan » Tue Jan 22, 2013 16:44

wah, mantap gan share ilmunya, segera laksanakan untuk buat landing page menarik. kayaknya cara seperti ini akan lebih mantap dibanding lewat blog. tergantung juga sih, bibit bobot antara keduanya.. hahha
baharsan
Posts4
Member Since29 Aug 2011
Last Visit18 Feb 2013
Likes Given0
Likes Received4/4

#6 by bondanrastika » Tue Jan 22, 2013 22:25

nomorads wrote: wah salut deh sama agan bondan ini...bagi-bagi ilmunya ga tanggung-tanggung :thumbup: :thumbup: :thumbup:

tinggal yang udah pada baca nih, mau ga ngelakuinnya hahaha :lol: :lol: :lol:

jangan takut berinvestasi untuk bisnis kamu, karena investasi kalau dikelola dengan baik pasti berkontribusi besar buat bisnis kamu. ;)

baharsan wrote: wah, mantap gan share ilmunya, segera laksanakan untuk buat landing page menarik. kayaknya cara seperti ini akan lebih mantap dibanding lewat blog. tergantung juga sih, bibit bobot antara keduanya.. hahha

pake blog gratisan seperti blogspot atau wordpress juga sebenernya bisa, kalau untuk contoh, saya pake unbounce, karena servicenya bagus banget dan gampang bikinnya, tinggal drag n drop. kalo udah bikin landing pagenya, share screenshotnya disini ya! ;) biar bisa saya bantu review kira2 apa yg kurang atau bisa ditambahkan apa lagi.

ayok bikin! tunggu apa lagi! prospek kamu udah nungguin tuh. :lol:
bondanrastika
Posts228
Member Since3 Oct 2012
Last Visit17 Mar 2013
Likes Given56
Likes Received376/149

#7 by Teg4r » Tue Jan 22, 2013 22:47

sudah ku baca ber kali-2,sampai skrg belum paham yang dibahas :lol: tapi salut sama Om bisa nulis sekeren ini, :thumbup:
tpi maaf aku bisanya cuma ngeklik sama nge task sama nger-pek di kelas! :lol:
Teg4r
Posts163
Member Since5 Aug 2012
Last Visit4 Jun 2015
Likes Given172
Likes Received275/117

#8 by bondanrastika » Wed Jan 23, 2013 02:20

Teg4r wrote: sudah ku baca ber kali-2,sampai skrg belum paham yang dibahas :lol:

ndak pahamnya di bagian mana? nanti saya coba bantu jelasin lebih detail. :)
bondanrastika
Posts228
Member Since3 Oct 2012
Last Visit17 Mar 2013
Likes Given56
Likes Received376/149

#9 by rudyjohan21 » Mon Mar 11, 2013 20:22

Makasih banyak yah sobat-sobat cliksense yang sudah banyak berbagi diforum ini.
Sangat bermanfaat sekali tips dan triknya.
rudyjohan21
Posts2
Member Since5 Apr 2011
Last Visit5 Mar 2014
Likes Given0
Likes Received0

#10 by ratih_sst » Wed Mar 20, 2013 12:54

pemahaman tingkat dewah bruh ampe :clap:
ratih_sst
Posts424
Member Since2 Oct 2012
Last Visit15 Sep 2017
Likes Given230
Likes Received170/109

#11 by hanuger » Mon Apr 29, 2013 07:41

harus baca ampe bener2 paham nih!!! biar bisa di praktekin!!! Trims gan :thumbup: :thumbup: :thumbup: :thumbup:
hanuger
Posts344
Member Since8 Mar 2013
Last Visit3 Dec 2021
Likes Given1,073
Likes Received438/179

#12 by kanapeng » Tue May 07, 2013 00:42

Yang join jika untung yang mereka dapat as soon as possible, gan.
kanapeng
Posts260
Member Since14 Sep 2012
Last Visit15 Apr 2017
Likes Given36
Likes Received58/44

#13 by yanwiguna » Tue May 28, 2013 23:12

mantap triknya gan :clap: patut untuk di turuti salam sukses :thumbup:
yanwiguna
Posts8
Member Since7 Aug 2011
Last Visit4 Aug 2013
Likes Given0
Likes Received4/2

#14 by kanapeng » Tue Jun 04, 2013 16:46

Dengan demikian untuk membuat Lead Collecting harus punya Autoresponder ya Bondan?

Sukses selalu.
kanapeng
Posts260
Member Since14 Sep 2012
Last Visit15 Apr 2017
Likes Given36
Likes Received58/44

#15 by sekarcandra » Thu Jun 13, 2013 21:55

Bener-bener jos gandos, top markotop bro Bondanrastika.... Bravo for U... :thumbup: :thumbup: :thumbup:
sekarcandra
Posts14
Member Since7 Jun 2013
Last Visit6 Oct 2013
Likes Given20
Likes Received6/5

#16 by harjunaku » Thu Jun 13, 2013 23:52

Newnbie ikut nyimak gan...
harjunaku
Posts104
Member Since23 May 2013
Last Visit12 Mar 2018
Likes Given34
Likes Received69/38

#17 by cahbagoes » Wed Jul 31, 2013 07:22

Waah.jadi puyeng... ada yang bisa bantuin ga ya..
cahbagoes
Posts9
Member Since27 Mar 2013
Last Visit2 Sep 2013
Likes Given15
Likes Received3/3

#18 by cahbagoes » Wed Jul 31, 2013 07:46

ratih_sst wrote: pemahaman tingkat dewah bruh ampe :clap:

iya nih...malah puyeng
cahbagoes
Posts9
Member Since27 Mar 2013
Last Visit2 Sep 2013
Likes Given15
Likes Received3/3

#19 by Linacahndeso » Sat Aug 10, 2013 15:36

hanuger wrote: harus baca ampe bener2 paham nih!!! biar bisa di praktekin!!! Trims gan :thumbup: :thumbup: :thumbup: :thumbup:

Yooiii.... kalau ane memang sedikit O'on (gak banyak, loh :lol: ), jadi agak sulit menelennye :lol: :thumbup:
Linacahndeso
Posts1,665
Member Since31 May 2012
Last Visit6 Jun 2016
Likes Given3,693
Likes Received1,813/997

#20 by kanapeng » Thu Jan 16, 2014 22:22

bondanrastika wrote: Halo semua, untuk kamu yang sudah pernah baca thread saya tentang Teknik Ad Campaign dan Me-maintain Referral Aktif, kali ini saya mau share cara lanjutannya yang lebih advanced lagi, yaitu dengan membuat Landing Page dan melakukan Lead Collecting. Apa itu Landing Page, kenapa kamu harus melakukan Lead Collecting, lalu cara bikin Landing Page yang bener, dan caranya Lead Collecting, untuk kemudian diproses menggunakan sistem Mail Autoresponder. Konsepnya ngga susah-susah amat kok, tenang aja. :)


Salam sukses! :thumbup:

P.S. Kalo mau quote, tolong quote info yang penting aja ya, jangan semuanya di-quote, nanti threadnya jadi kepanjangan dan kurang rapih. Thanks. ;)

Share nya mantap untuk diikuti.
Sukses selalu.

:clixsense:
Last edited by jagobal » Fri Jan 17, 2014 02:13 » edited 1 time in total
kanapeng
Posts260
Member Since14 Sep 2012
Last Visit15 Apr 2017
Likes Given36
Likes Received58/44
Locked
Return to 'Indonesian' Forum     Return to the forums index
All times displayed are PST - Server Time: Apr 25, 2024 04:36:38 PST